Sunday, January 29, 2012

Ragam Terapi Penghalau Stres


Ragam Terapi Penghalau Stres FAKTOR pemicu datangnya stres memang beragam. Namun jangan sampai stres yang ditimbulkan mengganggu kegiatan Anda. Yuk, halau stres dengan beragam alternatif terapi berikut, seperti yang dikutip dalam Healthmeup.com.



Akupresur
Merupakan salah satu bentuk fisioterapi dengan memberikan pemijatan dan stimulasi pada titik-titik tertentu pada tubuh. Berguna untuk mengurangi rasa nyeri, ketegangan, dan kelelahan.

Meditasi
Rasa rileks yang dihadirkan dari meditasi efektif membantu memerangi dan merevitalisasi pikiran. Meditasi dapat dilakukan dengan posisi duduk yang nyaman dan mata yang terpejam. Atur napas secara perlahan, dan rasakan sensasi yang ditimbulkan oleh meditasi selama 10 sampai 20 menit.

Naturopati
Untuk mengobati stres, naturopati dapat menjadi pilihan. Naturopati sering juga disebut sebagai self-healing, yang merupakan sistem penyembuhan dengan pengobatan alami, seperti aromaterapi (terapi wangi-wangian), homeopati (terapi dengan senyawa alam), dan kromoterapi (terapi warna).

Refleksologi
Untuk mengurangi  ketegangan dan rasa stres, refleksologi dapat menjadi solusi. Terapi ini menitikberatkan pada titik utama tangan dan kaki.

Terapi warna
Melalui visualisasi warna yang berpadu, terapi warna membantu untuk mengurangi stres dengan memanfaatkan warna pelangi.

Yoga
Yoga sudah dikenal sebagai terapi untuk menangkal gangguan pikiran seperti stres. Relaksasi yang ditawarkan dalam pola latihan yoga dapat Anda lakukan di mana saja, terlebih jika Anda mulai merasakan stres.

No comments:

Post a Comment