Sunday, December 11, 2011

15 Menit untuk Olahraga


Trik Luangkan 15 Menit untuk Olahraga 

Penulis : Prita Daneswari
ALASAN utama banyak orang tidak berolahraga yaitu tidak sempat atau tak memiliki waktu. Entah benar atau tidak, nyatanya meluangkan waktu untuk olahraga memang tidak mudah.

Berikut adalah 15 cara mudah untuk mencuri waktu 15 menit ekstra dari hari Anda untuk berolahraga.

1. Matikan Facebook
Orang rata-rata menghabiskan waktu 7 jam sebulan untuk mengakses situs jejaring sosial. Dengan log off dari Facebook hanya 15 menit sehari tentu tak akan merugikan bukan?

2. Katakan tidak!
Ketika seseorang (bukan atasan) meminta Anda untuk melakukan sesuatu tapi Anda tak memiliki waktu, katakanlah, "Saya minta maaf, saya tidak bisa."

3. Hindari multitugas
Mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal sekaligus bisa berujung keniscayaan. Buat daftar kegiatan mulai dari yang terpenting, pasti akan ada waktu luang yang bisa Anda temukan.

4. Catat jadwal nonton TV
Sebuah acara TV berdurasi 1 jam biasanya hanya berisi 40-42 menit dan sisanya adalah iklan. Dengan merekam acara TV, Anda akan memiliki waktu ekstra 15 menit untuk olahraga ringan.

5. Jangan terlampau bersih
Apakah penting supaya TV atau lukisan Anda benar-benar mengilap dan bebas debu? Setop buang-buang waktu berharga dan lewatkan sedikit debu itu untuk berolahraga.

6. Tandai kalender
Anda akan menemukan waktu atau hari yang memiliki banyak waktu luang sehingga pastinya akan mampu meluangkan waktu hanya 15 menit untuk berolahraga.

7. Nyalakan alarm
Di sela-sela tugas harian yang membutuhkan banyak waktu seperti menunggu mesin cuci atau memasak, nyalakan timer selama 15 menit lalu berolahragalah hingga waktu habis dan Anda kemabli mengerjakan tugas utama.

8. Angkat telepon
Dengan menelepon, Anda akan lebih menghemat waktu ketimbang chatting atau mengirim e-mail.

9. Bangun 15 menit lebih awal
Bangun lah di pagi hari 15 menit lebih awal. Bahkan jika Anda tidak menggunakan waktu tambahan untuk berolahraga, Anda akan tiba di kantor lebih cepat daripada biasanya sehingga Anda akan lebih mungkin meluangkan waktu berolahraga 15 menit di kemudian hari.

10. Taruh barang di tempatnya
Kita kerap membuang-bunga waktu mencari kunci. Kunci bisa berada di mana saja, di kantong, laci, dompet, atau malah tergantung dari kunci pintu. Dengan terbiasa menaruh barang pada satu tempat, kita akan memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lain semisal olahraga.

Terkait:

No comments:

Post a Comment