Sunday, December 11, 2011

Kenali Kanker Prostat Lebih Dekat



Penulis : Prita Daneswari
Kenali Kanker Prostat Lebih Dekat
KANKER prostat adalah bentuk kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki. Kanker prostat kebanyakan memang tumbuh lambat, tapi ada beberapa jenis ada yang terbilang agresif dan menyebar dengan cepat. Ini bisa memperpendek harapan hidup yang signifikan pada para penderita.

Oleh karena itu, mari kita ketahui fakta tentang kanker prostat untuk menciptakan kesadaran tentang deteksi dini dan kontrol.

a. Penyebab
Penyebab pasti kanker prostat belum diketahui. Namun, faktor risiko untuk kanker prostat termasuk usia lanjut, genetik, pengaruh hormonal, paparan racun, bahan kimia, dan produk industri. Risiko kanker prostate akan meningkat seiring dengan pertambahan usia. Kasus kanker prostat di bawah usia 40 tahun sangat langka, kebanyakan kasus terjadi pada pria di atas usia 80 tahun.

b. Tanda dan gejala
Pada tahap awal, kanker prostat sering kali tidak menimbulkan gejala selama bertahun-tahun. Kanker ini sering ditemukan pertama kali dengan adanya kelainan pada tes darah. Dalam kasus yang lebih parah, kanker dapat mebesar dan menekan uretra sehingga mengurangi aliran urine.

c. Diagnosis
Kelainan pada salah satu atau kedua tes skrining untuk kanker prostat bisa merupakan deteksi dini. Tes-tes skrining ini dilakukan dengan pemeriksaan rektal digital dan tes darah yang disebut prostate specific antigen(PSA). Satu-satunya tes yang dapat mengonfirmasi diagnosis dari kanker prostat adalah biopsi.

d. Pengobatan
Pilihan pengobatan untuk kanker prostat biasanya mencakup operasi, terapi radiasi, terapi hormon, atau kombinasi dari beberapa perawatan itu. Sebuah obat untuk kanker prostat metastatik, sayangnya, belum dapat dihadirkan hingga kini. Pengobatan bedah untuk kanker prostat sering disebut sebagai prostatektomi radikal yang merupakan pengangkatan seluruh kelenjar prostat.

e. Pengobatan alternatif
Perawatan herbal, suplemen diet, dan akupunktur biasanya dilakukan untuk membantu pengobatan kanker prostat. Namun, komposisi pengobatan herbal memang belum tersstandardisasi sehingga hasilnya bervariasi. Pengobatan herbal dan jangka panjang juga memiliki efek samping yang tidak diketahui. Saat ini, tidak ada bukti bahwa pengobatan alternative memiliki manfaat terapeutik pada kanker prostat yang telah menjadi resisten terhadap pengobatan konvensional.

f. Pencegahan
Tidak ada langkah-langkah khusus yang diketahui untuk mencegah perkembangan kanker prostat. Perkembangan pencegahan kanker dapat dilakukan dengan diagnosa dini dan mencoba untuk menyembuhkan penyakit melalui pengobatan dan operasi. Diagnosa dini dapat dilakukan dengan skrining untuk kanker prostat dan pemeriksaan dubur. Tujuan dari skrining adalah untuk mendeteksi kanker sejak dini, kecil, atau bahkan mikroskopis yang terbatas pada kelenjar prostat.

Terkait:

No comments:

Post a Comment