Sunday, December 11, 2011

4 Aturan Sehat Sarapan

Penulis : Prita Daneswari
4 Aturan Sehat Sarapan SARAPAN adalah waktu makan yang paling krusial dalam sehari. Maka itu, daripada sekadar minum kopi atau ngemil, kita semestinya memberikan perhatian lebih pada menu sarapan. Berikut empat aturan penting dalam sarapan:

1. Pantang dilewatkan

Sarapan akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang sebelumnya lambat karena aktivitas tidur. Sarapan juga membantu menjaga berat badan. Jadi, sebisa mungkin jangan lewatkan sarapan supaya tubuh lebih berenergi, otak lebih prima, dan berat badan terjaga.

2. Pantang ditunda

Waktu terbaik untuk sarapan yaitu 1 jam setelah bangun tidur. Jadi janganlah menundanya, kecuali Anda hendak berolahraga pagi. Jika begitu, sarapanlah dengan sarapan berprotein dan karbohidrat.

3. Ingat serat dan protein

Mengasup serat dan protein untuk sarapan akan membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi daripada mengunyah gula-gula yang malah membuat tubuh merasa lemas dan cepat lapar, makanlah makanan berserat dan berprotein.

4. Jangan minum kopi terlalu banyak

Secangkir kopi di pagi hari memang diakui memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan konsentrasi. Namun, jangan meminumnya berlebihan, cukup minum 1-2 cangkir saja. Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan rasa cemas dan tekanan darah tinggi. Coba ganti kopi di cangkir kedua dengan the hijau.

No comments:

Post a Comment