Monday, December 12, 2011

7 Langkah Cegah Gangguan Pencernaan


7 Langkah Cegah Gangguan Pencernaan 
HAMPIR semua orang pernah mengalaminya. Menikmati makanan yang enak, tapi pada akhirnya menyesal karena perut kita terluka akibat gangguan pencernaan. Beberapa gejala gangguan pencernaan termasuk kembung, sendawa, heartburn, atau nyeri di perut dan mual.

Semua itu pastinya tidaklah menyenangkan, tetapi kabar baiknya adalah gangguan pencernaan mudah kok untuk dicegah hanya dengan beberapa langkah sederhana. Berikut adalah atas 7 hal simpel yang dapat Anda lakukan:

1. Makan makanan yang mengandung probiotik
Bakteri baik dalam probiotik yang ditemukan pada beberapa makanan serta saluran pencernaan Anda mampu menyehatkan pencernaan. Makanlah yogurt seperti Activa yang mengandung Lactobacillus acidophilus.

2. Jangan berbaring setelah makan
Tubuh kita dibuat untuk mencerna makanan dalam posisi tegak. Maka itu bila berbaring sementara tubuh sedang mencoba untuk mencerna makanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Tunggu 2-3 jam setelah makan sebelum pergi tidur.

3. Makan perlahan-lahan
Bila makan terlalu cepat, Anda benar-benar menelan banyak udara yang dapat mengganggu proses pencernaan.

4. Dapatkan banyak serat
Makanlah banyak makanan berserat, tapi iringi juga dengan banyak minum air.

5. Buat catatan makanan
Ini untuk mengidentifikasi makanan yang memicu gangguan pencernaan. Sering kali makanan atau minuman tinggi akan asam, kafein, atau alkohol atau pedas adalah makanan pemicu.

6. Jangan memakai pakaian ketat
Hindari mengenakan pakaian terlalu ketat atau sabuk saat makan karena dapat memampatkan perut sehingga terasa mulas.

7. Kunyah permen karet setelah makan
Ini akan membantu untuk merangsang produksi air liur yang membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi kemungkinan mengalami gangguan pencernaan.(www.mediaindonesia/hidupsehat.com)


No comments:

Post a Comment