Sunday, December 11, 2011

Cara Bantu Anak berhenti Ngompol


Cara_Bantu_Anak_berhenti_Ngompol vortala.com


NGOMPOL tentunya sangat mengganggu. Hal ini bisa merusak citra diri sekaligus rasa percaya diri anak. Jangan menyalahkan anak Anda, cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan memberikan dukungan penuh. Sebagai orangtua, Anda harus bisa meyakinkan anak bahwa ngompol merupakan masalah biasa dan yakinkan anak kalau dia pasti bisa mengatasi masalah tersebut.

Untuk membantu Anda mendukung anak mengatasi masalah ngompol, berikut beberapa tip yang bisa Anda coba:

Fokuslah pada masalah: ngompol. Hindari menyalahkan atau menghukum anak Anda. Ingatlah, anak Anda tidak bisa mengontrol tindakan ngompol tersebut. Tindakan menyalahkan dan menghukum hanya akan memperburuk masalah.

Sabar dan tetaplah beri dukungan. Yakinkan kembali dan doronglah anak Anda sesering mungkin. Jangan bertindak membesar-besarkan masalah setiap kali hal itu terjadi.

Buat peraturan "dilarang menggoda" dalam keluarga. Tidak seorang pun diijinkan menggoda anak yang mengompol, termasuk mereka yang di luar keluarga inti. Jangan mendiskusikan masalah ngompol di depan anggota keluarga lainnya.

Mendorong tanggung jawab. Bantulah Anak untuk memahami bahwa kewajiban untuk berhenti mengompol adalah tanggung jawabnya, bukan orangtua. Yakinkan anak bahwa Anda ingin membantu mengatasi masalahnya. Selain itu, mintalah anak membantu saat membersihkan bekas ngompolnya.

Mempermudah pembersihan. Untuk meningkatkan rasa nyaman dan mengurangi kerusakan, gunakanlah alas tidur dari bahan penyerap yang bisa dicuci, bed cover yang tahan air, serta pewangi ruangan.

Tip cegah ngompol

Selain mendukung anak secara emosional, ada juga beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kejadian mengompol. Berikut beberapa tip yang bisa Anda gunakan:

Kurangi asupan air di malam hari. Mintalah anak agar tidak minum apapun 2 jam sebelum tidur.

Ajak dan temani Anak untuk buang air ke kamar kecil terlebih dahulu sebelum tidur.

Tetapkan waktu anak bangun di malam hari untuk pergi ke toilet. Daripada fokus membuat anak agar tidak mengompol sepanjang malam, ada baiknya membuat anak memahami bahwa sangat penting bangun di malam hari dan menggunakan toilet.

Pastikan anak mempunyai akses mudah ke toilet. Bersihkan gang dan hidupkan lampu di gang menuju ke toilet. Jika perlu, sediakan toilet yang bisa dibawa.

Berikan hadiah saat anak tidak mengompol. Pemberian hadiah baik berupa stiker, terbukti membantu beberapa anak berhenti mengompol. Sediakan tempat melengketkan sticker setiap kali anak tidak mengompol.

Pertimbangkan menggunakan diaper. Beberepa orang meyakini kalau penggunaan diaper di rumah bisa mengganggu motivasi anak untuk bangun dan menggunakan toilet. Tapi, ada juga yang berpendapat kalau diaper bisa membantu anak merasa lebih mandiri dan percaya diri. Berkonsultasilah dengan dokter anak untuk menentukan pilihan terbaik bagi anak Anda.

No comments:

Post a Comment