Wednesday, December 7, 2011

Ikan Kunci Penting Cegah Diabetes


Ikan Kunci Penting Cegah Diabetes ADA kebiasaan makan penduduk Spanyol yang patut kita tiru. Pola makan mereka yang hobi mengonsumsi ikan setiap hari ternyata merupakan cara yang baik untuk mencegah diabetes.

Metode itu pun dibuktikan secara medis. Universitas Valencia Mercedes Sotos Prieto melakukan penelitian yang melibatkan 945 pria dan perempuan berusia antara 55 dan 80 tahun dengan risiko kardiovaskular yang tinggi. Ditemukan, konsumsi ikan setiap hari mampu menurunkan risiko diabetes.

Sementara itu, makan daging merah lebih terkait dengan risiko kardio yang lebih tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penurunan dalam harapan hidup terutama karena kanker atau penyakit jantung, menurut jurnal Nutricion Hospitalaria edisi Desember 2011.

Sebaliknya, ikan adalah makanan pokok dalam diet Mediterania dan memiliki manfaat bagi kesehatan jantung, menurut peneliti University Spanyol. Berbagai hipotesis yang telah diajukan juga menjelaskan mengapa konsumsi ikan dapat berhubungan dengan diabetes.

Diketahui peningkatan omega-3 dalam sel-sel otot rangka meningkatkan sensitivitas insulin, suatu faktor yang terkait dengan penurunan risiko diabetes. (Pri/OL-06)

No comments:

Post a Comment