Sunday, December 11, 2011

Cegah Kerutan Muka Dengan Cara Sederhana


Cegah_Kerutan_Muka_Dengan_Cara_Sederhana KERUTAN di tubuh tentu akan mengganggu penampilan, khususnya di bagian wajah. Kerutan biasanya muncul seiring dengan pertambahan usia. Akan tetapi, gaya hidup yang tidak sehat dan kurang istirahat juga bisa memicu munculnya kerutan. Untuk membantu Anda mencegah dan mengurangi kerutan yang tentunya mengganggu, berikut beberapa tip yang bisa menjadi panduan Anda.




1. Tidurlah terlentang dengan punggung di bawah

Menurut American Academy of Dermatology (AAD) , tidur pada posisi tertentu bisa memicu munculnya "garis tidur", berupa kerutan yang muncul di permukaan kulit. Kerutan ini tidak akan menghilang saat Anda bangun. Tidur dengan menghadap ke samping, bisa meningkatkan jumlah kerutan pada pipi dan dagu. Sedang tidur telungkup bisa menambah kerutan di alis Anda. Jadi, untuk mengurangi jumlah kerutan, menurut AAD, tidurlah terlentang dengan punggung di bawah.

2. Tambah konsumsi ikan, khususnya salmon

Tidak hanya salmon tentunya. Anda juga bisa mengonsumsi ikan lain yang kaya protein. Protein ini sangat penting sebagai pertahanan kulit. Selain protein, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3. Menurut pakar dermatologi dari Yale, Nicholas Perricone, MD, asam lemak akan memenuhi nutrisi kulit agar tetap lentur dan muda. Dengan begitu akan mengurangi kerutan.

3. Jangan memaksakan mata, gunakan kaca mata baca

Menurut pernyataan AAD, seperti dikutip situs webmd, gerakan wajah yang dilakukan secara berulang, seperti menjulingkan mata, akan memaksa kerja otot-otot wajah. Hal ini akan membentuk alur-alur di bawah permukaan kulit. Alur-alur ini selanjutnya akan menjadi kerutan. Biarkan mata Anda tetap terbuka lebar, gunakan kaca mata baca jika Anda memerlukannya. Jangan pernah meremehkan kaca mata. Benda ini bisa melindungi kulit di sekitar mata dari kerusakan akibat sinar matahari dan tentunya membantu Anda agar tidak memicingkan mata.

4. Oleskan Alpha-hydroxy Acids (AHAs)

Asam buah alami ini akan mengangkat sel-sel kulit mati serta mengurangi garis-garis dan kerutan yang jelas di wajah, khususnya di sekitar mata. Bukti-bukti baru menunjukkan, dalam jumlah yang lebih banyak, AHAs bisa membantu menstimulus produksi kolagen.


5. Gantilah kopi Anda dengan cokelat

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Nutrition edisi 2006, peneliti menemukan kalau cokelat kaya akan 2 jenis flavonol (epicatchin dan catechin) yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, kedua zat ini juga berfungsi memperlancar aliran darah ke sel-sel kulit, menjaga kelembaban, serta membuat kulit terlihat dan terasa lebih lembut.

6. Hindari cuci muka berlebih

Menurut ahli dermatologi dari Maryland Medical Center, terlalu sering membasuh wajah akan mengangkat minyak pelindung alami dan pelembab wajah yang berfungsi melawan pengerutan. Terlalu sering cuci muka, berarti Anda juga membuang pelindung alami wajah. Jika sabun Anda tidak mengandung pelindung pelembab kulit, lebih baik menggunakan cleanser.

7. Cobalah salep vitamin C

Studi dari Tulane University menemukan, vitamin C bisa meningkatkan produksi kolagen, melindungi kerusakan akibat sinar UVA dan UVB, memperbaiki masalah-masalah yang berkaitan dengan pigmen, serta memperbaiki kondisi peradangan kulit. Akan tetapi, kuncinya adalah jenis vitamin C yang digunakan. Sebagian besar penelitian menyarankan penggunaan L-ascorbic acid sebagai bahan yang paling potensial dalam mengatasi kerutan.

8. Perbanyak konsumsi kedelai

Penelitian menunjukkan kalau kedelai bisa melindungi atau menyembuhkan beberapa kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Salah satu studi yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition melaporkan, suplemen dengan bahan dasar kedelai (yang juga mengandung vitamin, protein ikan, ekstrak teh putih, biji anggur, dan tomat) bisa memperbaiki struktur dan kekencangan kulit hanya dalam waktu 6 bulan.


9. Jangan lupa perawatan dasar kulit

Jika ingin menjaga agar kulit tetap terlihat muda, mulailah dengan hal-hal yang penting. Mungkin Anda sudah sering mendengar hal ini sebelumnya, tapi tidak ada salahnya mengingatkan kembali:

  • Hindari cahaya matahari langsung
  • Gunakan sunscreen
  • Jangan merokok
  • Gunakan pelembab
 Penulis : Ikarowina Tarigan

No comments:

Post a Comment