Tuesday, February 21, 2012

Makanlah Keju dan Apel Agar Gigi Tetap Sehat!


img 

Flora Febrianindya - detikFood 

Ritual menggosok gigi sudah rutin dilakukan. Demikian juga dengan mengunjungi dokter gigi dua kali setahun. Selain dua hal tersebut, makanan pun bisa membuat gigi tetap sehat dan bersih. Seperti apel, keju dan minyak wijen.

Makanan dan minuman yang mengandung gula bisa mengganggu kesehatan gigi. Timbulnya plak bisa merusak gigi, juga mempengaruhi enamel gigi dan memicu kerusakan. Agar gigi tetap sehat, kurangi konsumsi gula, rajin membersihkan gigi, dan jangan lupa makanlah makanan berikut ini:

1. Keju
Keju adalah makanan yang rendah gula sekaligus tinggi kalsium, karenanya sangat baik dikonsumsi. Keju juga mengandung casein, yaitu protein yang ditemukan dalam susu, diperlukan untuk memperkuat permukaan gigi.

2. Permen Karet
Mengunyah permen karet yang mengandung Xylitol baik buat kesehatan gigi, sekaligus membuat nafas segar dan gigi bersih. Xylitol mampu mencegah bakteri berbahaya dalam plak, yang bisa merusak tingkat kekerasan enamel gigi.

3. Buah Segar
Buah-buahan segar seperti pir dan apel bermanfaat bagi kesehatan gigi. Buah berserat tinggi mampu merangsang produksi air liur. Air liur berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti virus, juga membantu proses mengunyah dan menelan.

4. Yogurt
Yogurt juga menyehatkan gigi, karena mengandung casein, dan kalsium yang diperlukan bagi kekuatan dan kesehatan gigi. Padukan yogurt dengan buah dan sayur segar, agar fungsinya bisa maksimal.

5. Minyak wijen
Metode kumur menggunakan minyak wijen sangat populer dalam pengobatan Ayurvedic, atau pengobatan alternatif dari India. Menurut sebuah penelitian pada remaja pria yang didiagnosa gingivitis, minyak wijen baik bagi gigi. Berkumur dengan minyak wijen sama efektifnya dengan menggunakan pencuci mulut chlorhexidine dalam mengusir plak dan menghilangkan bakteri dalam mulut.




No comments:

Post a Comment