Tuesday, February 7, 2012

Sejarah Pie dan Potensinya Sebagai Bisnis Makanan Populer

Di beberapa buku resep kue atau roti, seringkali kita temukan pie sebagai salah satu menunya. Pie adalah jenis pastry yang populer di Amerika. Hidangan panggang ini konon ditemukan sejak jaman Mesir kuno. Pada jaman Romawi dan pada abad Pertengahan, pie digunakan sebagai pembungkus daging dan bahan-bahan lainnya agar tetap lembap selama dimasak dan agar isinya kedap udara serta tidak mudah basi. Bahan kulit pastry ini keras dan padat, terbuat dari tepung terigu, suet (lemak daging sapi), telur dan bahan lainnya. Namun seiring dengan perkembangan dunia kuliner, lambat laun kulit pie pun diciptakan sedemikian rupa dengan komposisi tepung terigu yang telah ditentukan, sehingga kulit pie dapat ikut dikonsumsi bersama isinya.

Berkat keunikan cita rasanya, pie pun akhirnya menyebar ke suluruh penjuru Eropa termasuk Inggris. Awalnya, pie termasuk hidangan utama yang berisi daging, baik daging sapi atau kambing. Akibat perkembangan dunia kuliner dan resep roti, pie pun mulai dikenal sebagai hidangan populer. Isian pie pun menjadi beragam. Di sekitar tahun 1500an, resep kue pie mulai bertransformasi dengan memakai berbagai jenis buah-buahan sebagai isinya. Setelah populer di Inggris, pie akhirnya dikenal di Amerika yang kemudian diolah sedemikian rupa hingga memiliki berbagai jenis isian. Hal ini dapat dibuktikan dari buku resep kue yang ditemukan di Amerika pada tahun 1940an, ditemukan 65 resep pie di dalamnya.

Begitu populernya, pie juga banyak dikenal di negara lainnya. Resep kue ini bukan hanya dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, namun juga sebagai salah satu menu andalan untuk bisnis makanan. Bahkan menurut Andrew Freeman, seorang marketing expert sekaligus konsultan di bidang Hospitality & Restaurant yang tersebar di seluruh dunia, pie akan menjadi tren kuliner pada tahun 2011. Seperti yang dikutip pada pernyataannya "... Satu hal yang saya dapat prediksikan menjadi tren kuliner di tahun depan (tahun 2011) adalah 'Pie'," ungkap Freeman. 

Tertarik untuk mencoba peluang bisnis makanan pie? Jika ya, Anda terlebih dahulu harus mencari tahu bahan baku yang diperlukan, seperti tepung terigu yang berkualitas, telur, dan bahan lainnya. Kemudian, jika perlu Anda juga bisa mengikuti kursus masak khusus mengolah pie agar kemampuan Anda mengolah pie dengan berbagai isian pun terlatih. Jadi, tunggu apalagi? Ayo latih kemampuan Anda dalam mengolah resep kue pie sekarang juga dan mulai bisnis makanan pie Anda sendiri!



Tips Mengolah Resep Kue Pie


Resep kue pie memang enak untuk dinikmati, namun untuk mengolahnya susah-susah gampang. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda dapat mengolah resep kue pie yang lezat! 
1.     Pilih tepung terigu berkualitas tinggi dengan protein sedang.

2.     Usahakan semua bahan dalam keadaan sejuk atau dingin, mulai dari tepung terigu, air, hingga mentega. Bahkan untuk mentega, sebaiknya menggunakan mentega beku.

3.     Dalam mengolah adonan, pertama-tama campurkan tepung terigu dan garam, lalu masukkan mentega sampai adonan membentuk butiran-butiran kecil (disebut juga adonan pasir), baru kemudian masukkan telur dan aduk rata.

4.     Selama menguleni adonan resep kue ini, bentuk adonan dengan lembut dan hindari membentuk adonan terlalu lama agar kulit pie tidak menjadi keras.

5.     Setelah adonan cukup kalis, ratakan adonan dan tutup dengan plastik, lalu simpan di lemari es selama sekitar 30 menit. Hal ini bertujuan untuk membiarkan tepung terigu menyerap semua cairan dengan maksimal dan membuat adonan lebih elastis serta bertekstur lembut saat dipanggang.

6.     Setelah selesai didiamkan, siapkan area penggilingan yang bersih dengan sedikit taburan tepung terigu. Giling adonan di area tersebut hingga mencapai ketebalan yang diinginkan dengan menggunakan alat penggiling khusus.

7.     Setelah dibentuk, letakkan pada cetakan dan tusuk dasarnya dengan garpu atau tusuk gigi agar tidak menggembung saat dipanggang.

8.     Sebelum dipanggang, lapisi permukaan pie dengan putih telur agar isi pie tidak terlalu meresap ke dalam permukaan pie.

9.     Setelah pie selesai dipanggang, biarkan dingin baru kemudian isi dengan isian pilihan Anda.

10.   Hias pie Anda dengan berbagai pilihan seperti, coklat cair, coklat serut, taburan kacang almond, atau bahan lainnya yang Anda sukai.

Dengan beberapa tips di atas, Anda dapat membuat resep kue pie kreasi sendiri di rumah tanpa harus membeli atau mengikuti kursus masak khusus. Bahkan, jika Anda dapat melihat peluang, bisnis makanan pie juga dapat menjadi pilihan di tahun 2011 ini. Jadi, tunggu apalagi FansBoga? Siapkan tepung terigu terbaik serta bahan lainnya sekarang dan mulailah berkreasi!


KUE PANGGANG ANEKA BUAH
1. Bahan Adonan Kulit
    280gr Terigu Kunci Biru
     50gr    Kuning Telur
    200gr   Palmia Royal Margarine
    100gr Gula Halus


2. Bahan Adonan Dasar Isi
    100gr Terigu Kunci Biru
     100gr Palmia Royal Margarine
     100gr Gula Halus
     100gr Telur
     400gr Total Adonan


3. Bahan Toping
    100gr Apricot iris
     50gr   Blueberry
     50gr   Strawberry
     200gr Total Adonan
 

Cara Membuat Adonan Kulit

  1. Kocok gula halus dan Palmia Royal Margarine hingga lembut dan mengembang selama 2 menit.Istirahatkan adonan selama 30 menit.Tambahkan kuning telur secara bertahap .
  2. Masukan Terigu Kunci Biru , aduk hingga rata. Adonan dibungkus plastik, diamkan selama 30 menit di chiller.
  3. Keluarkan dan pipihkan, lalu masukan kedalam cetakan pie besar ukuran diameter 16 cm, lalu panggang setengah matang .
  4. Tambahkan adonan dasar isi lalu panggang setangah matang,hias dengan buah yang sudah dipotong.
  5. Kemudian panggang kembali sampai matang pada suhu 180c. Hias dengan glazing gel, siap disajikan.
CARA MEMBUAT ADONAN ISI
  1. Aduk gula dan Palmia Royal Margarine sampai tercampur rata, tambahkan telur satu persatu,tambahkan Terigu Kunci Biru aduk sampai rata. Siap digunakan.
Saran penyajian :
Jadi 2 loyang diameter 16 cm . Berat adonan kulit 315gr.
Bahan topping buah 100gr. Bahan adonan dasar isi 200gr.
 PIE
Bahan kulit pie:
   260 gram             Terigu Kunci Biru
   160 gram             Orchid Butter
       1 butir              Kuning telur
     80 gram             Icing sugar
       1 gram             Vanilla essence
Bahan filling:
   10 butir                Kuning telur
     2 butir                Putih telur
 250 gram               Susu UHT Indomilk
 120 gram               Gula pasir
   40 gram               Air
     5 gram               Rhum bakar flavour
Cara Membuat:
Filling :
1.     Telur dikocok lepas, tambahkan Susu UHT Indomilk, aduk rata.
2.     Didihkan gula pasir dan air lalu tuang ke dalam campuran susu dan telur sambil terus diaduk.
3.     Tambahkan rhum bakar aduk hingga rata.
Pie Dough :
1.     Kocok Orchid Butter dan icing sugar, asal tercampur.
2.     Tambahkan kuning telur dan vanila essence, aduk rata.
3.     Masukkan terigu Kunci Biru, aduk rata
4.     Siapkan cetakan pie, oles dengan margarine dan taburi sedikit terigu.
5.     Tipiskan adonan dan ratakan di dalam cetakan. Tuang isi di atas adonan pie.
6.     Panggang dengan suhu 160ÂșC selama ± 30 menit.
 





No comments:

Post a Comment