Sunday, November 27, 2011

3 Jenis Bumbu Dasar Tradisional

 
KOMPAS.com - Indonesia kaya rempah. Rempah-rempah ini juga memperkaya citarasa masakan Indonesia. Bumbu tradisional Indonesia inilah yang membuat masakan Indonesia khas dan beda. Kenali tiga bumbu dasar ini, dan aplikasinya untuk masakan tradisional Indonesia.

Secara garis besar, bumbu dasar tradisional Indonesia terbagi tiga. Satu jenis bumbu dasar bisa diaplikasikan pada sejumlah pilihan masakan. Warisan bumbu nusantara ini bisa Anda dapatkan di pasar tradisional mau pun supermarket. Bahkan, Anda bisa membuatnya sendiri dari dapur di rumah.

1. Bumbu dasar putih
Bumbu dasar putih dibuat dari campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar. Bumbu jenis ini biasanya digunakan untuk membuat sayur lodeh, soto, dan opor.

2. Bumbu dasar kuning
Bumbu dasar kuning terbuat dari bumbu dasar putih di tambah kunyit. Bumbu tradisional ini digunakan untuk membuat ayam goreng, ayam bakar, soto, dan gulai.

3. Bumbu dasar merah
Bumbu dasar merah ini juga pengembangan dari bumbu dasar putih. Bumbu ini dibuat dari bumbu dasar putih di tambah cabai merah. Biasanya digunakan untuk membuat sambal goreng atau ayam panggang.

Anda bisa berkreasi dengan bumbu dasar tradisional ini dalam berbagai varian masakan. Untuk meramu masakan, bumbu dasar ini ditambahkan dedaunan aromatik atau bumbu buatan. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan berbagai masakan yang sangat beragam jumlahnya.

Sumber: Buku Mudah Memasak Kuliner Nusantara, Bango-Saji.


No comments:

Post a Comment