Monday, November 28, 2011

Turunkan Kolesterol Dengan Jeruk Bali

Jeruk bali bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan pektinnya lebih banyak dibandingkan dengan jeruk jenis lain. Pektin inilah yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol sekaligus mengurangi risiko sakit jantung. Hampir semua orang kenal jeruk bali. Rasa dan bentuknya khas. Kulitnya sering dimanfaatkan anak-anak di pedesaan sebagai bahan baku mobil-mobilan.
Daging buahnya yang segar dan banyak mengandung air, bisa langsung dimakan setelah dikupas atau sebagai campuran salad maupun rujak Buahnya yang berwarna putih dapat dijadikan manisan setelah dibuang bagian kulit luarnya yang banyak mengandung kelenjar minyak
Di Vietnam, bunganya yang harum digunakan untuk membuat parfum. Bukan hanya itu, kayunya juga sering dimanfaatkan untuk gagang perkakas alat dapur.
Sebuah penelitian melibatkan 57 orang yang memiliki kandungan kolesterol tinggi dan baru menjalani operasi bypass pembuluh darah koroner Para peneliti menemukan jeruk bali yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
57 orang tersebut dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama dan kedua diberi hidangan jeruk bali, sedangkan kelompok ketiga tidak diberi. Hasilnya pasien yang memakan jeruk bali mengalami penuruan kadar kolesterol dan pasien yang tidak memakan jeruk bali tidak mengalami perubahan dalam tubuhnya.

No comments:

Post a Comment