Monday, November 28, 2011

Mengenal Berbagai Jenis Jamur Dan Manfaatnya

Siapa yang tidak kenal dengan jamur. Rasanya gurih dan kenyal dengan berbagai bentuk banyak disajikan dalam setiap masakan. Berikut berbagai macam jamur dan manfaatnya.
Black Truffle
Tumbuh di dalam tanah dekat dengan akar pohon besar di hutan Eropa. Bentuknya tidak beraturan dan menggumpal. Harganya sangat mahal karena hanya ada pada masa musim tertentu. Umumnya disajikan di resto besar di seluruh dunia. Karena memiliki aroma seperti tanah sehingga jamur ini tidak dapat digantikan dengan jamur lainn.
Tiram Putih
Sebenarnya jarum tiram memiliki jenis sesuai dengan warnanya seperti tiram abu, tiram merah, kuning dan putih. Jenis yang terakhir ini banyak digemari oleh sebagian besar orang Indonesia. Mengenai rasa tidak ada bedanya antara jamur tiram putih dengan yang lainnya.
Maitake
Merupakan jamur yang paling populer di Jepang yang memiliki khasiat anti kanker. Jika dikonsumsi secara teratur sebagai makanan yang mendamping teh, jamur ini mampu mencegah kanker tertentu.
Shiitake
Merupakan jenis jamur yang banyak digunakan dalam masakan Jepang dan Cina. Dikenal dengan nama shitake atau hioko. Memiliki khasiat merangsang pertumbuhan sistem kekebalan tubuh.
Enoki
Jamur Enokitake (jamur enoki) adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas. Di wilayah dunia beriklim sejuk, jamur tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi.

No comments:

Post a Comment