Monday, November 28, 2011

Mengenal Jenis Kolesterol Dan Tips Menurunkannya

Kolesterol memang sering kali menghantui pikiran kita. Kadang kita menjadi tidak leluasa untuk mengkonsumsi makanan karena terbayang dengan kadar kolesterol. Yang perlu kita tau, sebenarnya kolesterol juga diperlukan oleh tubuh untuk membangun dinding sel, membantu membuat vitamin D dan sebagai bahan utama cairan empedu yang digunakan tubuh untuk mencerna lemak.

Ada 2 jenis kolesterol dalam tubuh kita, yaitu HDL yang juga dikenal sebagai kolesterol baik dan LDL atau kolesterol jahat. HDL dikenal sebagai kolesterol baik karena HDL yang membawa kolesterol dalam pembuluh darah kembali lagi ke hati. Sedangnkan LDL dapat menyebabkan penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, dan berbagai penyakit serius lainnya, itulah mengapa LDL disebut sebagai kolesterol jahat.
Ada baiknya kalau kita rutin memeriksakan kadar kolesterol dalam tubuh, dan konsultasi ke dokter, berapa jumlah kolesterol yang baik untuk tubuh kita. Karena, biasanya kadar kolsterol yang dibutuhkan tiap orang itu berbeda-beda. Tergantung dari usia, pola makan, dan lain-lain.
Kalau Foodlovers mempunyai keluhan kolesterol tinggi, jangan khawatir, karena kita bisa menurunkan kadar kolesterol sampai normal dengan mengkonsumsi makanan berikut ini :
Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat larut yang dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh. Mengonsumsi hanya 5 sampai 10 gram serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Secangkir oatmeal (setara 2 porsi) mengandung sekitar 4 gram serat larut. Kalau kita menambahkan sedikit buah maka akan lebih banyak serat larut yang akan diasup tubuh. Selain oatmeal, sayuran juga efektif dalam membantu mengurangi kolesterol sebagai bagian dari diet sehat.
Asam lemak omega-3
Tubuh memerlukan lemak agar dapat berfungsi dengan baik. Hanya saja lemak jahat harus tetap dihindarkan. Asam lemak omega-3 adalah lemak baik yang dapat mempromosikan kesehatan jantung, membantu mencegah pembekuan darah, dan membantu menurunkan tekanan darah. Kita bisa memperoleh asam lemak omega-3 dalam berbagai jenis ikan seperti makarel, salmon, sarden, dan halibut.
Kacang
Semua jenis kacang-kacangan, termasuk kenari, almond, dan kacang tanah mengandung jumlah tinggi asam lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu mengurangi kolesterol dan membuat pembuluh darah sehat. Untuk hasil terbaik makan secukupnya setiap hari dan pastikan kacang yag kita konsumsi tidak dilapisi gula ya.
Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung antioksidan yang membantu mengurangi kolesterol LDL. Dalam hal ini, kita hanya membutuhkan sekitar 2 sendok makan setiap hari. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bagian dari salad dressing atau sebagai campuran tumis. sayuran.

No comments:

Post a Comment