Tuesday, November 29, 2011

6 Alasan Pelanggan Tak Setia

Lapar.com – Dalam menjalankan bisnis skala menengah dan kecil, tidak semua orang bisa menjadi target market kamu. Dalam kenyataannya hal ini memang salah satu hal tersulit yang akan kamu hadapi dalam menjalankan bisnis. Intuisi kamu mengatakan bahwa kamu harus menjual produk atau layanan kamu ke semua orang, namun kamu harus paham bahwa tidak semua orang bisa menjadi target market kamu.
Sekitar dua decade lalu, dimana persaingan bisnis belum seketat sekarang dan kemajuan teknologi masih lambat maka kamu dengan mudah akan mendapatkan pelanggan.
Kini masyarakat sudah semakin cerdas dan kompleks. Mereka terdiri dari individu-individu yang memiliki beragam keinginan dan karakter, imbasnya menjadiknya mereka sangat selektif dalam membeli sesuatu.
Berikut adalah alasan-alasan mengapa pelanggan tak melirik produk kamu yang kamu pasarkan:
1. Kurangnya Informasi atas Produk
Faktor ini sangat mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan pembelian. Kamu tidak membeli sesuatu bukan karena produk atau layanan tersebut tidak bagus namun kebanyakan karena kamu belum familiar dengan produk atau layanan tersebut sehingga membuat kamu enggan untuk mencobanya. Inipun terjadi pada pelanggan kamu, mereka merasa enggan untuk mencoba produk baru terlebih lagi apabila mereka tidak memiliki informasi yang cukup mengenai produk yang ditawarkan.
2. Gender
Faktor gender juga sangat mempengaruhi keputusan orang untuk membeli suatu produk. Kamu harus menetapkan apakah produk kamu ditujukan untuk pria atau wanita atau jika memang untuk general maka lihat kecenderungannya.
3. Income/pendapatan
Kamu harus menetapkan target market kamu, apakah produk kamu ini memang ditujukan untuk kelas menengah atas atau kelas menengah bawah. Sehingga dalam memasarkannya kamu tidak salah langkah.
4. Lifestyle
Gaya hidup seseorang sangat mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli produk. Tentu gaya hidup masyarakat kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar berbeda dengan mereka yang tinggal di kota kecil seperti Kebumen, Wonosobo, Majalengka dan lainnya.
5. Personal likes/dislikes
Ketidaksukaan atau kecintaan masing-masing individu sangat melekat pada keputusan mereka dalam membeli produk. Misalnya saja orang yang memang sangat menyukai brand apple tentu akan terus memiliki keinginan besar untuk memiliki produk apple seperti ipad, iphone walaupun dia telah memiliki laptop mac
6. Personal Taste
Cara pandang kita terhadap diri kita sendiri juga merupakan faktor penentu dalam pembelian produk. Misalnya jika kita menganggap diri kita unik dan menyukai hal berbeda tentu kita tak memilih brand atau produk yang hampir disukai semua orang.
Point yang ingin ditekankan disini adalah bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis kamu harus mengenal siapa customer kamu, sehingga kamu dapat memilih strategi marketing yang tepat untuk dapat menjangkau mereka dan membuat mereka membeli produk kamu.

No comments:

Post a Comment