Saturday, November 26, 2011

Memasak Steak Tanpa Hilangkan Sarinya


KOMPAS.com - Siapa bilang Anda tak bisa memasak steak sendiri di rumah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sendiri di rumah agar steak yang Anda buat menjadi lebih lembut, empuk tanpa menghilangkan sarinya.

1. Keluarkan daging steak dari dalam lemari es, 30 menit sebelum dimasak agar suhu daging ini sesuai dengan suhu ruangan. Hal ini akan membuat daging ketika dimasak akan memiliki warna coklat yang lebih cantik dan lebih cepat matang merata. Ditambah lagi, ketika dimasak dengan tingkat setengah matang, daging ini tidak akan beku dibagian tengahnya.

2. Jangan lupa untuk memanaskan pemanggang terlebih dahulu sampai suhu yang diinginkan. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil panggangan yang bagus dan tidak layu. Selain itu, ini akan mengunci sari di dalam daging, sehingga daging akan lebih terasa juicy dan lembut.

3. Pastikan daging untuk steak ini masih segar. Tekan daging steak dengan tisu sebelum dimasak. Jika daging terasa kenyal dan bisa kembali ke bentuk semula, maka daging masih segar. Daging yang segar akan menghasilkan steak yang lebih enak.

4. Jangan membumbui steak sebelum steak benar-benar matang. Jika Anda menambahkan garam saat daging belum matang, ini akan membuat daging kehilangan sarinya dan terasa kurang lembut dan kurang lezat.

5. Gunakan lada hitam butiran yang dihancurkan untuk memperkaya rasa steak. Aroma lada hitam butiran yang ditumbuk kasar akan menambah aroma lebih enak dibanding dengan lada bubuk.




No comments:

Post a Comment