Monday, November 28, 2011

Jeruk Nipis, Si Kecil Yang Punya Manfaat Segudang

Buah yang satu ini biasanya sering ada di lemari es kita, selain sebagai penyedap rasa pada makanan, jeruk nipis ini mempunyai manfaat kesehatan lho juga untuk kecantikan. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buahnya berasa pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam.
Sebagai obat batuk tradisional
Caranya : ambil 3 butir jeruk nipis, bagi 2 sama rata. Oleskan kapur sirih pada kedua potongan itu, satukan kembali, panggang di atas api sampai mengeluarkan busa dari kapur sirih. Oleskan busa tadi pada tenggorokan. Peras buah jeruk nipis barusan, ambil isinya, lalu minum.
Tekanan Darah Tinggi
Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan lainnya : Mengurangi rasa pegal dan tegang. Rendam kaki dalam air jeruk nipis yang udah dicampur dalam air hangat. Selain rasa pegal hilang, kotoran-kotoran kaki pun bakal ikut terangkat.
Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kulit dan Kecantikan : Bisa mempercantik kulit, memutihkan kulit wajah secara alami, menghaluskan wajah, dan merapatkan pori-pori kulit. Gosokkan daging jeruk nipis ke daerah pipi dan hidung yang pori-porinya kelihatan besar. Gosokkan juga ke bagian kulit yang kasar dan kusam. Lakukan dengan rutin.

No comments:

Post a Comment