Monday, November 28, 2011

Mengenal Ragam Jenis Telur

Telur memang dikenal sebagai makanan yang mengandung banyak sekali kandungan protein di dalamnya. Dan tentu telur sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Namun, selama ini kita paling hanya mengenal 3 jenis telur: telur ayam biasa, telur ayam kampung, dan telur bebek yang biasanya dibuat menjadi telur asin. Ternyata, ada banyak jenis telur lain yang harus kita tau. Kenapa? Karena kandungan gizi yang terkandung di dalamnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.
Telur Burung Unta

Telur burung unta memang jarang ditemui namun juga dapat menjadi pengganti telur ayam. Ukurannya besar, setara dengan sekitar 24 telur ayam biasa. Ukurannya yang jumbo membuat telur burung unta membutuhkan waktu lebih untuk diolah. Tkarena ukurannya yang besar dan cangkangnya yang kuat, telur ini sering dipakai sebagai hiasan dalam perayaan Paskah.
Telur Angsa

Sama halnya dengan telur ayam dan telur bebek, telur angsa sering digunakan untuk membuat kue karena proteinnya yang tinggi di dalam putih telur. Ukurannya sedikit lebih besar daripada telur bebek, kurang lebih 2,5 lebih besar daripada telur ayam ukuran standar.
Telur burung pegar

Mungkin Foodlovers ngga tau pegar, tapi kalau istilah “pheasant bird” tau ya? Nah, telur pheasant bird iniberbeda dari jenis telur biasa, karena baunya yang tidak amis. Ukurannya lebih kecil daripada telur ayam tapi lebih besar daripada telur puyuh. Warnanya coklat keabu-abuan. Sering diolah dengan cara digoreng dan dikukus.
Telur Burung Puyuh
Telur burung puyuh berbentuk kecil dan mempunyai bintik-bintik pada cangkangnya. Karena ukurannya yang terlalu kecil, telur puyuh mudah matang dan lebih sering dijadikan pelengkap masakan daripada makanan utama. Cara mengolah yang sering adalah dengan merebus telur dan menambahkannya dalam masakan setelah kulitnya dikupas. Beberapa diantaranya adalah mi, sup, salad, cah sayur, dan bahkan pizza
Nah kan udah kenal nih sama jenis telur yang lain, boleh lah lain kali kita coba mencoba telur itu. Variasi menu dan siapa tau lebih bermanfaat untuk tubuh Foodlovers

No comments:

Post a Comment