Tuesday, November 29, 2011

Cermat Memilih Lokasi Usaha Resto

Memilih lokasi yang tepat merupakan hal terpenting dalam bisnis kamu. Terlebih lagi apabila kamu ingin membuka bisnis restoran tentunya lokasi menjadi faktor utama penentu keberhasilan bisnis kamu. Nah kita lihat yuk, faktor apa saja sih yang mempengaruhi bisnis resto.
Trafik
Ramainya lalu lalang pejalan kaki dan kendaraan bermotor merupakan langkah penting yang harus kamu perhatikan. Kamu dapat memperoleh datanya dari kantor demografi dan kependudukan. Tentunya kamu ingin memilih lokasi yang memiliki trafik tinggi saat waktu-waktu orang makan di restoran. Kamu harus melakukan survey lokasi di waktu-waktu yang berbeda serta juga pada akhir pekan. Apabila kamu berada di daerah kabupaten dan jauh dari kota maka kamu harus mempertimbangkan trafik pejalan kaki. Tipe-tipe pejalan kaki nantinya juga akan mempengaruhi konsep yang kamu akan pilih.
Keberadaan lokasi
Keberadaan lokasi di sudut bagus apabila akses dari jalan raya mudah. Lokasi jalan buntu sebaiknya jangan dipilih karena akan menyulitkan customer yang datang. Ruko dengan banyak lahan parkir juga merupakan pilihan ideal. Tetapi biasanya nih kalau lokasinya bagus, harganya juga mahal, nah ini yang juga harus dipertimbangkan.
Ketersediaan tempat parkir
Hal ini sangat penting apabila kamu ingin memulai bisnis resto. Customer dalam hal ini calon pelanggan kamu butuh tempat parkir yang nyaman untuk datang ke restoran mu. Apabila restoran kamu tidak menyediakan tempat parkir yang layak dan nyaman maka mereka akan berpikir dua kali untuk datang.
Lokasi dekat populasi padat
Akan memiliki nilai tambah apabila lokasi resto kamu berada di dekat populasi padat seperti misalnya, kampus, rumah sakit, bangunan kantor, sekolah dan lainnya.
Akses
Customer butuh akses mudah menuju lokasi restoran kamu. Apabila lokasi resto kamu berada di jalur verboden maka hal ini tentunya cukup menyulitkan customer, tentu kamu harus mempertimbangkannya dengan matang. Namun apabila lokasinya terlalu ramai dan sesak maka calon pelanggan kamu juga akan malas datang. Jadi pertimbangkan dulu ya plus dan minusnya.
Luas lokasi
Kamu harus mempertimbangkan apakah lokasi/tempat yang kamu pilih mampu menampung calon pelanggan yang datang. Atau jangan juga spacenya terlalu luas, sehingga sebanyak apapun customer yang datang akan terlihat kosong. Ini bukan merupakan image yang baik untuk bisnis mu
Harga
Faktor harga tempat/lokasi yang akan kamu beli/sewa juga menjadi penentu. Carilah lokasi dengan harga terjangkau yang sudah kamu pertimbangkan serta disesuaikan dengan break-event point.
Kondisi tempat/lokasi
Kamu harus menghitung dengan cermat berapa uang yang akan dikeluarkan untuk membangun atau merenovasi tempat tersebut. Jangan membeli atau menyewa tempat hanya karena murah tetapi harus diingat juga biaya renovasi yang nantinya harus dikeluarkan.
Konstruksi Jalan
Kamu harus selalu melakukan pengecekan ke pihak pemerintah daerah atau walikota mengenai rencana apa yang akan dilakukan untuk wilayah tempat lokasi restoran kamu berada.
Tingkat kerawanan
Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah apakah lokasi restoran yang kamu pilih memiliki tingkat kerawanan yang tinggi atau tidak. Calon pelanggan tidak akan datang ke restoran kamu apabila mereka tidak merasa aman. Misalnya restomu berada di daerah yang memang sudah dikenal rawan, nah ini akan menyulitkan untuk bisa menarik customer.

No comments:

Post a Comment