Saturday, May 12, 2012

Healthy Baking


Jika biasanya bahan-bahan paling umum yang digunakan untuk memanggang kue adalah gula, mentega dan telur, mmh kayaknya semua itu kalau sering-sering nggak baik juga ya untuk kesehatan.
Jika biasanya bahan-bahan paling umum yang digunakan untuk memanggang kue adalah gula, mentega dan telur, mmh kayaknya semua itu kalau sering-sering nggak baik juga ya untuk kesehatan. Sulit sih memang untuk menghilangkan semua bahan itu tanpa berpengaruh pada teksturnya, tetapi itu bukan berarti nggak bisa loh.
Nah bahan-bahan tersebut bisa saja diganti dengan saus apel atau buah lainnya untuk menambah citarasa dari kue yang kita panggang. dengan bahan pengganti ini tentunya memiliki lebih sedikit kalori ketimbang bahan-bahan yang biasa digunakan untuk pembuat kue. Nggak bisa dipungkiri lagi jika mentega merupakan salah satu hal yang membuat citarasa kue panggangan kita terasa sempurna. Tetapi tentu saja, mentega ini harus dibatasi karena jika terlalu banyak kurang baik untuk kesehatan.
Ada juga yang menyarankan untuk menggunakan margarin ketimbang butter tetapi pada kenyataannya margarin sama nggak sehatnya. Nah jika kamu mau yang lebih sehat, kamu bisa menggantinya dengan yoghurt yang akan memberikan tekstur creamy untuk kue panggangan kita. Beberapa orang sering mengganti mentega dengan ekstra sugar namun ini sebetulnya anggapan yang salah.Gula tentunya akan membuat rasa menjadi lebih juicy namun terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Nah ini yang paling sulit, adalah telur, kita semua mengetahui bahwa kadar kolesterol pada kuning telur cukup tinggi.
Coba deh daripada memasukkan seluruh telur kedalam adonan kue, coba gantikan dengan putih telur saja. Coba deh berkonsentrasi dengan bahan-bahan berkualitas untuk healthy baking. Kamu bisa mulai bereksperimen dengan bahan-bahan pengganti seperti diatas dan temukan kejutan lezat nan sehat disetiap gigitan.

No comments:

Post a Comment