Saturday, May 5, 2012

Tips Memasak Udang Dengan Benar


Udang merupakan salah satu bahan makanan yang enak dan pas untuk dijadikan hidangan apa saja.

Udang merupakan salah satu bahan makanan yang enak dan pas untuk dijadikan hidangan apa saja.  Namun untuk memilih, membersihkan dan mengolah udang juga perlu kamu ketahui.  Untuk memilih udang berkulit haruslah kulit dan kepala tidak rusak dan masih utuh.  Udang tidak berbau amis dan busuk, tekstur juga tidak lunak.  Cara mengupas udang berkulit adalah dengan melepas kepala udang, gunting bagian punggung kulit udang sampai ke ekor.
Sementara itu untuk udang kupas harus berwarna jernih dan tidak berbau busuk.  Agar memasak udang dengan baik maka pastikan tekstur udang tidak menjadi keras dan rasanya manis serta pastikan untuk tidak memasaknya dalam waktu yang lama.  Kaldu udang juga sangatlah gurih dan bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan.  Caranya adalah sangrai kulit dan kepala udang yang sudah tidak digunakan hingga berubah warna, lalu tuangkan air dan masak hingga airnya berkurang.
Hidangan udang bakar tentunya juga kamu suka kan terlebih lagi jika dihidangkan dengan bumbu yang istimewa.  Cara mengolah udang bakar juga cukup praktis, letakkan udang dia alas pemotong dengan kaki udang menghadap keluar.  Gunakan pisau yang tajam untuk membelah udang di antara dua sisi kaki sampai menyentuh kulit. Buka udang sampai rata dan cuci di air mengalir. Beri bumbu dan panggang selama 4-5 menit. Oleskan bumbu selagi memanggang agar tidak ada pinggiran yang gosong.
Buat kamu yang menghindari minyak, kamu bisa membuat udang rebus yang rasanya tak kalah enak.  Didihkan air. Masukkan udang, godok sampai 4 menit. Jangan tunggu sampai air mendidih lagi. Dengan demikian, kulit udang tidak akan menempel pada daging udang.  Udang goreng juga enak untuk santap siang ataupun malam, sebelum menggoreng pastikan agar udang tidak beku dan kamu bisa mengeringkan udang dengan kertas tissue. Gunakan 1/4 sendok teh minyak zaitun dan bumbu yang diinginkan. Masak selama 3-5 menit. Jangan terlalu lama. Untuk menggoreng udang dengan banyak minyak (deep frying), celupkan udang ke dalam susu dan beri tepung sedikit. Masak dengan minyak sayur dengan panas medium sampai berwarna coklat keemasan.

No comments:

Post a Comment