Saturday, May 5, 2012

Ciri-Ciri Jajanan Berbahaya



Makanan tidak sehat bahkan beracun saat ini memang cukup hangat diperbincangkan.  Seperti pada artikel sebelumnya, awas nugget sisa limbah beredar, perhatikan ciri-cirinya, maka makanan di Indonesia saat ini memang amat rentan untuk mengandung bahan berbahaya.  Anak-anak usia sekolah biasanya sering mengkonsumsi jajanan tak sehat yang sulit kita hindari.  Memang sebaiknya anak-anak tidak mengkonsumsi makanan diluar dan lebih baik makan makanan yang disediakan dirumah. Namun memang sulit untuk menghindarkannya sama sekali. Nah berikut tips untuk mengenali jajanan berbahaya.

Warnanya Mencolok
Biasanya jajanan tersebut warnanya mencolok dan berbeda dari warna aslinya. Snack, kerupuk, mie atau es yang warnanya teramat mencolok ada kemungkinan telah ditambahi oleh zat pewarna.

Rasanya Tajam
Biasanya lidah kita cukup bisa membedakan jajanan tak sehat ini.  Pada umumnya jajanan tersebut rasanya amat tajam atau terlampau gurih.  Bisa juga jajanan ini membuat tenggorokan gatal.

Aromanya Tengik atau Apek
Jajanan berbahaya tersebut bisa kita kenali dari baunya yang apek dan tengik ini pertanda bahwa makanan tersebut telah rusak atau terkontaminasi oleh mikroorganisme.

Lihat Komposisinya
Lihat komposisi yang terdapat pada bungkusnya dan teliti lagi apakah ada kandungan tambahan yang mencurigakan pada bahan-bahan makanan tesebut.

Perhatikan Kualitasnya
Coba  perhatikan tanggal kadaluarsa dan kualitasnya, bisa dilihat apakah jajanan tersebut sudah berjamur atau masih baik

Biasanya Harganya Murah
Jajanan seperti ini biasanya harganya murah dan sering dijual di depan sekolah-sekolah atau warung-warung makanan. Walau tidak semua jajanan murah tidak sehat namun kita perlu berhati-hati.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment