Monday, May 7, 2012

Manfaat Jambu Biji Merah



Sudah konsumsi buah apa hari ini? Bagaimana kalau coba jambu biji merah. Banyak loh manfaatnya tidak sebatas antioksidan saja, bahkan buah ini disebut sebagai 'super food' karena manfaatnya yang memang super beragam. Sambil menikmati buah ada baiknya kita pun tahu manfaat-manfaat dalam buah manis berbiji ini, yuk?!

Buah yang memiliki nama latin Psidium Guajava, adalah tanaman tropis, yang berasal dari Brazil, lalu disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Selain enak, mudah didapat dan harganya terbilang terjangkau kantong, buah ini pun menyimpan banyak keajaiban manfaat di dalamnya. Buah yang sering ditemui ini mendapat gelar 'Super Food' dari hasil studi baru yang dipimpin oleh seorang peneliti asal India. Dengan konsentrasi antioksidan tertinggi yang dapat berfungsi melindungi kulit dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit.

"Jambu biji merupakan sumber yang kaya antioksidan, juga merupakan makanan yang kaya serat. Buah-buahan ini identik sebagai buah yang banyak dikonsumsi masyarakat miskin di India karena harganya yang cukup murah," tutur Dr Sreeramulu, seperti dilansir Times of India, Rabu (14/12/2011). Studi ini akan dipublikasikan dalam jurnal Food Research International.

Tidak berhenti sampai di situ, buah berkulit hijau, berbiji merah dan berbuah manis ini pun berfungsi untuk meningkatkan kadar trombosit darah penderita demam berdarah. Juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh karena kadar vitamin C yang banyak. Diabetes militus (DM) yaitu penyakit yang cukup mengancam orang-orang di kota ini dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi buah jambu biji merah dengan cara dimakan langsung atau dibuat jus. Itu semua berkat kandungan gula alamiah yang ada di dalam buah yang bisa tumbuh tanpa mengenal musim ini.

Selain kegunaan yang sudah disebutkan, jambu biji merah juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut atau diare, dan mengobati sariawan. Untuk menyebuhkan sakit perut dan diare, caranya makan makan sebutir buah jambu biji merah. Kunyah-kunyalah secara rutin hingga sembuh. Untuk diare, sebaiknya menggunakan buah yang masih muda. Apabila yang terserang diare adalah anak kecil atau bayi yang masih menyusui, sang ibu bisa mengunyah buah jambu biji merah yang mentah dan menelan airnya (ampasnya dibuang). Untuk mengobati sariawan, konsumsi buah jambu biji secara langsung atau dijus terlebih dahulu. Bisa juga dengan diparut dan direbus lalu diambil airnya untuk diminum.

Nah, banyak sekali ya ternyata kegunaan jambu biji. Yuk, konsumsi jambu biji!


Referensi :
http://khasiatbuah.com
http://lifestyle.okezone.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Jambu_biji

No comments:

Post a Comment

Post a Comment