Thursday, May 3, 2012

Makanan yang Membahayakan Pencernaan


Lima_Makanan_yang_Membahayakan_Pencernaan

SISTEM pencernaan memang berperan penting bagi penyerapan makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Oleh karena itu tidak berlebihan rasanya jika organ pencernaan diperlakukan dengan baik, salah satunya dengan memilah jenis makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi.

Nah, berikut adalah 5 jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari, terlebih jika pencernaan Anda kerap bermasalah.

1. Makanan tinggi lemak dan gorengan: makanan jenis ini jika dikonsumsi secara sering dapat mengakibatkan refluks asam pada lambung. Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi juga akan mengubah warna tinja menjadi lebih pucat.

2. Makanan terlampau pedas: makanan pedas memang memberi sensasi sehingga tidak heran kalau banyak orang menyukai jenis makanan ini. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan pedas dari cabai maupun lada, dapat mengiritasi kerongkongan dan juga menyebabkan rasa mulas yang berlebihan pada perut. Jenis makanan ini juga sebenarnya musuh bagi mereka yang menderita sindrom iritasi usus besar dan maag kronis.

3. Cokelat: sebuah studi pada tahun 2005 menyebut, cokelat menjadi musuh bagi mereka yang mengalami sindrom iritasi usus atau sembelit kronis. Selain itu, salah seorang peneliti, Anderson mengatakan bahwa kafein yang tergantung dalam cokelat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat merangsang kram, kembung, dan juga diare.

4. Jagung: jenis sayuran yang biasa dibuat menjadi sup ini memang mengandung banyak serat. Meski demikian, sebenarnya jagung juga memiliki selulosa, sebuah jenis serat yang tidak mudah dicerna oleh manusia.

5. Minuman bersoda: minuman yang nikmat dikonsumsi saat udara panas ini juga tidak baik bagi pencernaan. Soda tidak hanya akan mengakibatkan asam lambung berlebih, tetapi juga bersifat diuretik yang dapat menyebabkan diare dan kram. Selain soda sebenarnya ada beberapa jenis minuman yang tidak baik bagi lambung, diantaranya teh, kopi, dan alkohol.

Sumber: Media Indonesia

No comments:

Post a Comment